Monday, September 4, 2017

Pengertian Kurva S dan cara perhitungannya

Kurva S


Kurva “S” atau dalam bahasa inggris disebut “Banana Curve” merupakan kurva yang dibuat dari susunan Bobot sub pekerjaan pada Bill of Quantity (BoQ) suatu proyek. Bobot pekerjaan dalam kurva S dibuat perminggu sehingga satu minggu bisa dilihat pekerjaan apa saja yang harus dimulai dan diselesaikan. Kurva “S” dibuat sebagai pengendali suatau proyek dan dari kurva S dapat diketahui bobot progress rencana dan actual lapangan sehingga apabila terjadi keterlambatan suatu proyek bisa di lakukan percepatan untuk mencegah terjadinya penambahan biaya dan keterlambatan proyek sesuai jadwal yang ditentukan dalam Surat Perintah Kerja (SPK) suatu proyek.

Misalnya dalam pekerjaan suatu Proyek Gudang diketahui jadwal pekerjaan sesuai SPK yaitu 91 Hari atau 13 minggu

NO URAIAN PEKERJAAN             JUMLAH HARGA ( RP)
I PEK. PERSIAPAN                                     7,313,200 
II PEK. GALIAN dan URUGAN               15,106,719 
III PEK. PONDASI                                    17,271,438 
IV PEK.STRUKTUR BETON:                113,927,755 
V PEK.STRUKTUR BAJA:                      79,332,603 
VI PEK. FINISHING DINDING:            125,426,706 
VII PEK. LANTAI:                                    12,054,984 
VIII PEK. KUSEN PINTU & JENDELA  44,356,720 
IX PEK.PLAFOND:                                        550,081 
X PEK. PENUTUP ATAP:                         51,256,040 
XI PEKERJAAN PENGECATAN             14,891,824 
XII PEK.SANITAIR:                                       877,500 
XIII PEK.INSTALASI LISTRIK:                5,581,725 
XIV PEK.AIR BERSIHAIR K&OTOR: 24,500,000 
XV PEK. LAIN - LAIN                                3,055,000

TOTAL                                                    515,502,295 

Dari rekapitulasi pekerjaan tersebut diatas kita dapat peroleh Bobot Pekerjaan suatu proyek dengan menggunakan rumus :

Bobot Pekerjaan=(Jumlah harga sub pekerjaan)/(Jumlah total pekerjaan) x 100%


NO URAIAN PEKERJAAN                 JUMLAH HARGA        BOBOT 
                                                                              (RP)                          (%)

I PEK. PERSIAPAN                                        7,313,200                     1.419
II PEK. GALIAN dan URUGA                     15,106,719                     2.930
III PEK. PONDASI                                       17,271,438                     3.350
IV PEK.STRUKTUR BETON:                   113,927,755                   22.100
V PEK.STRUKTUR BAJA:                         79,332,603                   15.389
VI PEK. FINISHING DINDING:               125,426,706                   24.331
VII PEK. LANTAI:                                       12,054,984                     2.338              
VIII PEK. KUSEN PINTU JENDELA         44,356,720                     8.605
IX PEK.PLAFOND:                                         550,081                      0.107
X PEK. PENUTUP ATAP:                           51,256,040                      9.943
XI PEKERJAAN PENGECATAN               14,891,824                     2.889
XII PEK.SANITAIR:                                        877,500                     0.170
XIII PEK.INSTALASI LISTRIK:                  5,581,725                    1.083
XIV PEK.AIR BERSIH & AIR KOTOR:    24,500,000                    4.753
XV PEK. LAIN - LAIN                                  3,055,000                    0.593
                              TOTAL                        515,502,295                 100.000

Dari Bobot tersebut Diatas maka dapat di dibuat Kurva S sesuai dengan jadwal yang disepakati dalam SPK yaitu 91 harian kerja atau 13 minggu, Bobot pekerjaan per 1 kegiatan dibagi dalam 13 minggu sesuai dengan urutan pekerjaan dalam pekerjaan konstruksi

Hasil perhitungan kurva S diatas bisa diketahui terjadinya keterlambatan pekerjaan (tidak sesuai dengan rencana) sehingga perlu dilakukan percepatan pekerjaan sehingga dapat mengejar keterlambatan tersebut dan pekerjaan dapat diselesaikan sesuai jadwal yang sudah ditentukan.
Keterlambatan pekerjaan di sebabkan oleh beberapa factor yaitu :
1. Faktor cuaca : banyaknya curah hujan dalam satu minggu
2. Pengadaan barang dan material oleh procurement (tim pengadaan barang dan material)
3. Man power yang tidak mempunyai kemapuan dalam pekerjaan konstruksi
4. Pengawasan yang tidak berjalan
5. Tim pengawas tidak memiliki gambar kerja dilapangan
6. Tim pengawas tidak menegerti metode kerja, dll

Factor-faktor tersebut diatas sering kita temui dilapangan yang mengakibatkan keterlambatan proyek oleh karena itu sebelum pelaksanan proyek berjalan ada baiknya dilakukan analisa resiko yang akan terjadi sehingga factor-faktor tersebut dapat segera diatasi dan tidak terjadi. (EDM)

Kurva S


0 comments:

Post a Comment